Monday, February 24, 2014

West Coast Australia Road Trip In Motorhome - Kalbarri, You'll Love It!

Lamaaa yaaaak.. lanjutan ceritanya. Tapi berhubung masih selisih satu bulan doang yaaa masih cincay lah yaaaak. Padahal Kalbarri ini salah satu tempat terkece yang pernah gue datangin. Kita sampai di sana sekitar jam 5.30 sore. Begitu sampai kita langsung nyari Caravan Park yang udah dibooking. Pemandangan sesampainya di caravan park langsung dibuat takjub sama burung parrot (apa sih bahasa indonesianya parrot? nuri??) yang banyaaaak berterbangan liar dimana-mana, bahkan sampai minum di genangan aspal, dengan latar belakang pemadangan laut. Parrot ini, adalah jenis burung yang sama yang kemaren gue lihat di Pinnacles yang kita foto-fotoin dengan takjub, nggak taunya disini ada bejibun hahahaha....


Setelah check-in dan nyari tempat parkir motorhome, kita memutuskan buat kelilingin kota Kalbarri sedikit. Suer deh, pemandangannya luarrrrr biasaaaaaaahhhh.... pas banget dengan lighting sore waktu itu. Laut yang biru ketemu sama muara sungai biru jernih, dengan latar belakang bukit hijau di belakang, dan padang rumput di depannya yang penuh sama sekawanan burung camar, burung parrot dan ada pula beberapa pelican yang lagi berenang-renang di pantai.... masyaAllah! Andaikan gue sebelumnya pingsan dan begitu sadar ada di tempat itu mungkin bakalan macam di film-film gitu kali gue bakalan langsung nanya "udah nyampe sorga ini? emang dosanya dikit banget gitu yaaak?" hehehehe...

ngasih makan seagulls


Gue minta Billy untuk berhenti sebentar di parkiran depan pantai dan nyoba ngasih makan camar. Itu camar-camar kayanya emang udah terbiasa dikasih makan, begitu lihat ada makanan yang dilempar, temen-temennya langsung datang berterbangan ikut berebut. Sayang Izan masih tidur waktu itu. Happy banget deh gue sore itu ngasih makan camar dengan pemandangan yang masyaAllah.

Setelah matahari udah makin turun, akhirnya kita kembali ke caravan park yang namanya Kalbarri Anchorage Caravan Park. Caravan park kali ini jauuuuh lebih kece dari yang sebelumnya di Cervantes (dan ternyata ini caravan park terkece yang pernah kita datangin). Fasilitasnya komplit banget: toilet dan kamar mandi yang super bersih, ruang laundry  super lengkap dan rapi plus disediain internet yang bisa dibayar pake koin selagi nunggu laundry, kamar mandi buat orang cacat yang bener-bener disabled-friendly (gue tau soalnya pernah sekali kamar mandinya lagi dibersihin dan dialihkan ke kamar mandi untuk yang cacat), tempat cuci piring dan tempat barbecue, dan bahkan ada kolam renang segala, oh ya dia juga sediain dumping point milik mereka sendiri buat buang limbah toilet dari motorhome. Oh pokoknya lumayan dimanjain deh di sini! Ajaibnya caravan park itu cuma diurus sama sepasang suami istri doang!

suasanya di lingkungan caravan park

our spot

Kita dapat tempat parkir dengan pemandangan langsung ke laut di seberang jalan, di antara dua mobil turis lokal. Setelah siapin makan malam dan meja kursi makan di luar mobil, kita langsung makan sementara hari udah mulai gelap. Disaat lagi asik makan tiba-tiba aja tetangga sebelah ribut-ribut dengan ntah berapa ratus kali nyebut f-word, untungnya Izan nggak ngerti yang disumpah-serapahin sama si tetangga, walaupun keliatan dia langsung berasa nggak nyaman dengar orang ngomong kencang dengan nada yang kedengarannya nggak enak. Disaat yang bersamaan angin mulai kencang dan beberapa kali niup tenda yang bikin bunyi yang lumayan keras, lagipula kita udah diingatin untuk nggak ngebuka tenda pas angin lagi kencang, jadi lah kita langsung memutuskan gulung kembali tenda dan pindah makan ke dalam mobil. Pas lagi beres-beres tau-tau anak laki-laki tetangga sebelah nyamperin dan minta maaf atas ribut-ribut sumpah serapah yang dibuat ibunya, dia pikir kita langsung masuk gara-gara mereka... hehehehe...

Satu sisi emang kita terganggu sih, disisi lain gue kagum sama keberanian anak laki-lakinya (yang macam abg labil belasan tahun) yang berani datang dan minta maaf atas nama keluarganya, yang kayanya tanpa disuruh orang tuanya. Waaaaw.... gue mau ngajarin anak gue untuk berani minta maaf kaya gitu (bukan berarti gue mesti nyumpah serapah macam si tetangga itu yeeeee!). Coba kalo seandainya gue yang ada di posisi anaknya itu, mungkin gue cuma bakalan diam dan malu, dan kalau ketemu tetangga yang gue pikir dengar dengan perilaku yang bikin malu, mungkin gue cuma bakalan ngumpet dan pura-pura nggak ingat ada apa. So I learn something that day!

Suasana di dalam motorhome, Izan masih bobo
 
pemandangan di belakang motorhome
pancake kacau yang dimasak di panci... yang penting rasa bung!

banyaaaakk burung di atas pohon pas di atas motorhome, kereeen tapi mobil kita kehujanan tai burung tentunya deh.
Besok paginya setelah sarapan singkat (pancake yang dimasak di panci yang tentunya bentuknya nggak karu-karuan... yang penting rasa bung!), tanpa mandi kita langsung berangkat menuju pellican feeding yang selalu ada setiap hari jam 8.45 pagi. Begitu kita parkir mobil disana belum banyak tamu-tamu yang duduk, tapi kita sempet ketunda sebentar untuk gantiin baju Izan ke baju renang dan ada pula turis dari Swedia yang nanya-nanya motorhome yang kita bawa (dia juga bawa 1 balita soalnya, tapi mobilnya untuk desain empat orang), begitu beres ternayta tempat duduknya udah nyaris penuh.

Menurut guidenya yang ngasih makan si pellican, mereka udah 30 tahun ngasih makan pellican2 di sana. Tadinya ada lebih banyak, tapi jumlah yang datang tergantung musim banayaknya ikan ada dimana. Pagi itu ada lah sekitar empat ekor yang datang. Setelah si guide cerita-cerita sambil lemparin ikan ke pellican yang emang udah nunggu barengan para tamu sebelum si guide datang (sambil sesekali direbut sama camar rakus), anak-anak yang berani langsung diajak maju ke depan dan baris buat kasih makan pellican. Izan ikutan nyempil ngasih makan, happy banget dia... (ga tau yang mana yang lebih happy dia apa si pellican??).


waiting to be fed




feeding the pelican

 
that happy face when a pelican got his fish...

...and making friends after that.

Setelah selesai nonton pellican Izan langsung main di pantai... emang ini deh yang udah ditunggu-tunggu sama anak gue. Main di pantai cuma bertahan beberapa menit doang, abis itu langsung nyebur ke laut yang ternyata airnya dingin! brrrr...! Tapi biar pun gitu tetep dia asik main di air... anak gua gitu loooooh.... separo ikan macam emaknya! Setelah puas main di laut (karena udah kedinginan juga) akhirnya kita balik ke caravan park buat mandi dan makan lagiiii hahahaha.... Padahal waktu itu masih jam setengah sebelasan, tapi sarapan pancake rupanya kurang nendang. Dan seperti yang gue bilang juga, napsu makan melambung tinggi kalau pas lagi jalan-jalan gitu, nggak cuma buat anak gue rupanya. :)

Setelah semua beres, kita berangkat menuju ke Kalbarri National Park. Ada dua yang bisa dilihat disini sebenarnya: The Loop sama Z-Bend, tapi kita cuma datangin The Loop aja. Untuk masuk ke Kalbarri National Park ini ada loket yang semacam mesin atm untuk beli tiket yang sama sekali tanpa pengawas, kamera cctv pun nampaknya nggak ada. Tapi hebatnya, turis-turis tetap berhenti buat beli tiket, walaupun sedikit dibingungin gimana caranya make mesinnya. Harga tiket masuk sekitar 11 dolar per mobil. Kebetulan kita barengan sama turis yang travelling solo, yang parkir di belakang mobil kita untuk beli tiket. Nggak ada kayanya mobil yang langsung nyelonong aja tanpa berhenti beli tiket walaupun nggak ada yang ngawas.

Untuk menuju The Loop ini jalan aspalnya cuma beberapa kilometer aja (mungkin 5??), selanjutnya jalanan tanah yang nggak beraspal yang sedikit bumpy sekitar tujuh kilometer . Lumayan bikin capek juga karena sebenarnya motorhome kita dilarang banget untuk masuk ke jalanan yang nggak diaspal, dan memang segala yang di dalam mobil jadi gedek-gedek walaupun semua udah ditaro dan diamankan sedemikian rupa. Walau pun semua tetap  aman, tapi bunyi piring-piring dan gelas-gelas yang kletak-keletuk lumayan bikin deg-degan juga. Alhasil kita jalan teramat-sangat pelan-pelan sekali. Si solo traveler yang tadinya ada di belakang kita langsung ngebut duluan karena dia bawa mobil SUV aja gitu, ngeledek motorhome kita pake debu di belakangnya.

unpaved road to the loop

Asiknya jalan-jalan di West Australia ini, semua tempat wisatanya nggak pernah rame macam kalau kita ke Tangkuban Perahu misalkan hehehehe... Begitu sampai, cuma ada beberapa mobil aja yang parkir, kalo nggak salah ingat cuma mobil si solo traveler tadi dan satu motorhome lain. Untuk menuju The Loop kita perlu jalan sekitar 400 meter dari tempat parkir. Tapak jalannya dibuat bersih (sangat bersih malah), cuma lalat aja yang selalu jadi pengganggu. Satu-satunya yang bikin anak gue rewel mulu ya lalat yang macam nggak punya objek lain buat diganggu selain muka manusia, makin diusir makin semangat dia datang. Karena gue pake jilbab, gue tinggal nutupin muka pake jilbab sementara mata pake kacamata, yang berasa keganggu banget ya Billy sama Izan deh yang kulit badannya lebih banyak terekspos hehehe... kasian. Alhasil kita jalan cepat-cepat menuju The Loop supaya nggak kelamaan dikerubungin lalat (padahal di The Loop teteeeup aja ada lalatnya hahahahha....).

Begitu sampe mendadak lupa sama lalat, karena ngeliat pemandangan yang masyaAllah. Foto-foto deh kita dari segala angle, berasa mau bikin cover majalah National Geographic aja! Sampai tiba-tiba kamera DSLR-nya Billy yang lagi terpasang di tripod jatoh ketiup angin.... jreng jreng!!! Oh tenang, jatohnya nggak kebawah jurang kok, cuma ke batu cadas aja. Alhasil si kamera pundung nggak mau fokus. Ya udah, kita lanjut foto-foto pake gadget hahahaha.... (asiknya laki gue, dia mah nggak sedih kameranya rusak, malah hepi dia punya alasan beli kamera baru hahahha...).


ready for the loop

sebelum kamera dslr jatoh dan ngambek hehehe...

Sebenarnya di The Loop ini ada jalan terusannya sekitar 8 kilometer buat nyusurin tebing, tapi rasanya jelas nggak memungkinkan buat bawa anak sejauh itu jalan kaki. Jadi lah kita kembali menuju mobil. Di jalan kembali menuju aspal, buat ngurangin ngilu gara-gara dengar suara di dalam mobil yang udah kaya kena gempa, kita main dulu-dulan ngeliat binatang liar di kiri kanan jalan. Lagi-lagi gue yang menang dooong (gara-gara gue satu-satunya yang duduk di deket jendela tapi nggak di belakang setir), berhasil nemuin kanggoro liar.

Setelah dari Kalbarri National Park, kita kembali ke kota buat isi bensin (isi bensin perdana selama di Aussie! Hebat yaaaak kapasitas tangki bensinnya si motorhome ini!!!), trus mampir ke supermarket buat beli tambahan ransum dan beras (haaaa kan apa gue bilang, beras yang udah ditakar buat selama perjalanan di Australi nyaris habis padahal baru setengah perjalanan! Luar biasa emang dah keluarga gue!). Setelah itu kita menuju ke look out  yang namanya Red Bluff.

Red Bluff ini adalah sebuah tempat untuk lihat pemandangan laut dan kota Kalbarri dari atas tebing. Menurut yang tertulis di sana, kalau pas lagi musimnya kita bisa ngeliat humback whale atau paus bungkuk dari tebing. Ngebaca tulisan begitu, lamaaaa deh gue melototin laut kali-kali aja nongol satu dua paus gitu kan... *ngarep.com*. Anginnya di atas tebing itu lumayan kencang, sampai nyaris nggak karu-karuan bentuk jilbab gimana muka dimana, tapi nggak bikin kita males foto-foto dooong. Nah bicara soal foto, berhubung si DSLR lagi pundung, untungnya Billy bawa kamera poket satu lagi buat cadangan. Makluuuum... laki gue mah bukan tipe tukang foto pake gadget. Tapiiiii konyolnya si kamera poket ini ternyata baterainya habis, dan cerdasnya charger yang kita bawa charger kamera poket yang lain.... dung dung dudung dung! Jadi akhirnya terpaksa cukup puas foto-foto pake gadget deh.
istirahat makan eskrim sebelum turun ke red bluff..





anginnya aje gile... sambil melototin laut kali aja tau2 ada humpback whale haha...

:)


Setelah dari Red Bluff, kita kembali duduk-duduk di tempat kemaren gue ngasih makan burung, dan kali ini Izan nggak tidur jadi bisa ikut nikmatin ngasih makan camar. Semuaaaaaa happyyyyy! Dan akhirnya kita kembali ke caravan park pas hari udah mulai magrib. Siapin makan malam dan istirahat buat jalan-jalan besok menuju Monkey Mia, the top of our trip....

feeding from hand

5 comments:

Anonymous said...

Assalamualaikum Mba Diana and family :) Masih di Pau? Apa khabar?

Diana Saib said...

Alaikumsalam... Kabar baik alhamdulillah. Iya masih... Negornya kok anonymous yaaak :)

Diana Saib said...

Alaikumsalam... Kabar baik alhamdulillah. Iya masih... Negornya kok anonymous yaaak :)

Anonymous said...

Assalamu'alaikum Mba Diana,

Sekarang tinggal dimana kok ngga pernah ketemu di bpp?

Unknown said...

qzz0515
kate spade outlet
cheap jordans
canada goose outlet
montblanc pens
polo ralph lauren
swarovski outlet
burberry outlet
air max uk
pandora charms
fitflops sale clearance