Thursday, March 8, 2018

Sangata Family Camp





Weekend pertama bulan Maret kami sudah diisi untuk agenda Family Camp di Sangata. Sudah jauh-jauh hari kami mendaftar setelah mendapat informasi dari group Balikpapan Muslim Homeschooling. Sejujurnya, motivasi utama saya mengajak suami untuk ikut acara ini awalnya hanya supaya bisa bertemu dengan orang tua-orang tua homeschooler yang lebih berpengalaman, agar kami bias mendapat “pencerahan”. Sementara foto keluarga Ibu Septi dan Pak Dodik tidak terlalu saya perhatikan, sepertinya saya hanya langsung terfokus pada gambar dan tulisan “camping”-nya saja, selebihnya tidak terlalu perduli…. Heheheh.
Beberapa hari sebelum acara camping, panitia membagikan rundown acara. Dari situ akhirnya saya sadar bahwa tujuan utama dari camping ini sebenarnya adalah untuk belajar bagi orang tua, sementara anak-anak disibukkan dengan berbagai aktifitas seru. Barulah kemudian saya sadar, akan ada pembicara Ibu Septi Peni dan Pak Dodik Kurniawan di situ… gubrak! (Bahkan tulisan nama mbak Enes dan mbak Ara, anak-anak pak Dodik dalam softcopy poster acara di situ saya masih belum ngeh! Yaaa gitu deh…). Tentu saja ini jadi jauh lebih baik, harapan awalnya cuma sekedar bisa ketemu orang tua homeschooler lain, ternyata bakalan ada seminar full… berasa dapat jackpot deh!

Apakah saya tau siapa Ibu Septi Peni? Ya tentu saja tau, siapa yang belum pernah baca berita tentang beliau? Saya baca liputan tentang beliau beberapa tahun yang lalu, dan cerita beliau menjadi salah satu cerita yang saya sampaikan ke suami saat membujuk agar setuju untuk mengalihkan anak-anak untuk homeschooling. Tapi pengetahuan saya tentang Ibu Septi Peni hanya sebatas artikel yang saya baca itu saja. Kuper banget yak??! Hehehe…



Long story short, pergi lah kami meninggalkan rumah pada Jumat siang menjelang sore. Kebetulan hari jumat itu Izan ada ujian ditempat les bahasa Inggrisnya. Jadi kami mengantar Izan les dulu, kemudian setelah Izan selesai langsung menuju Sangata nyaris tanpa berhenti kecuali satu kali untuk ke toilet. Kali itu adalah kedua kalinya kami ke Sangata. Suami sudah membooking penginapan untuk beristirahat malam karena acara camping dimulai hari Sabtu pagi, dan pendaftaran dibuka kalau tidak salah pukul 6.15. Kami sampai di penginapan jam 23.30 dan meninggalkan penginapan jam 6.00 pagi. Mandinya jamak takdim, waktu malam! 

Setengah perjalanan menuju camp, anak-anak bangun. Mereka sudah sangat excited dengan acara camping ini, lebih-lebih saat dibacakan rencana acaranya. Untuk mereka akan ada treasure hunt, fun science, crafting, memanah, membatik, story telling, nonton, ect. Bahkan Fathimah yang selama ini nggak pernah lepas dari Ummi atau Ayah udah semangat pengen ikut di ruangan anak-anak yang dipisah dengan orang tua.

Sesampainya di tempat acara yang diadakan di komplek perumahan KPC, ternyata kami adalah satu dari tiga keluarga yang pertama mendaftar. Sebelum sampai di tempat, kami sudah diperlihatkan foto-foto tenda yang sudah didirikan oleh panitia. Kebetulan salah satu panitia ternyata adalah teman kuliah suami, jadi foto tenda yang akan kami tempati pun kami dapat. Kesiapan panitia untuk acara ini sudah jadi bahan obrolan saya dan suami beberapa kali. Campingnya sendiri dibuat di lapangan rugby milik KPC. Dan panitia sudah menyemprotkan asap untuk mengusir nyamuk sehari sebelumnya dan menaburkan belerang di sekeliling lapangan. Tenda-tenda yang didirikan sangat rapi dan teratur, dan tenda-tendanya besar. Satu tenda untuk keluarga beranggota empat orang bisa memuat sepuluh orang (menurut pak suami yang masa mudanya sering naik gunung). Rasanya baru kali itu kami ikut camping yang tinggal datang taruh barang, tanpa repot-repot mendirikan tenda… kaya check in hotel aja rasanya hehehehe…

Setelah meletakkan barang-barang ke tenda, kami beralih ke masjid dimana acara materi akan diadakan disitu. Begitu masuk masjid sudah ada beberapa ibu-ibu dan bapak-bapak yang duduk dan ngobrol. Pemisah antara laki-laki dan perempuan berada di tengah masjid dengan posisi miring sementara tempat imam ada di pojok kanan masjid. Saya dan suami langsung mencari tempat masing-masing. Tentunya sebagai adab seorang Muslim, sunnahnya saat bertemu dengan sesame muslim adalah saling memberi salam dan afdhalnya dengan menjabat tangan, karena ibu-ibunya belum terlalu ramai saya menyalami setiap ibu-ibu yang saya lewati baru kemudian duduk di pinggir paling ujung. 

Sebelum masuk masjid, saya baru akhirnya sadar bahwa ada foto mba Enes dan mba Ara dalam spanduk acara. Ara sebenarnya adalah teman kerja adik saya, jadi saya langsung mengabarkan bahwa mungkin saya akan ketemu temannya nanti nih…(tanpa tahu jelas mukanya mba Ara). Di tengah-tengah whatsappan dengan adik, tau-tau seorang ibu yang awalnya sedang bekerja di depan laptop di depan masjid (yang belakangan akhirnya saya kenal bahwa itu adalah mba Nayla, panitia yang selalu memberikan informasi acara via whatsapp) berjalan ke ibu yang duduk selang satu orang di sebelah saya mengatakan bahwa laptopnya sudah siap. Saya langsung buru-buru googling imagenya Ibu Septi, ealaah…tenyata Ibu Septi Peni itu ada di sebelah saya dari tadi…. Andaikan saya tau, pasti saya udah ikut nimbrung mau dengar apa pun yang dibicarakan si Ibu, sukur-sukur bisa nanya macam-macam. 

Akhirnya acara pun dibuka. dimulai dengan sambutan-sambutan, kemudian berdoa, dan akhirnya anak-anak mulai dipisah ke ruangan khusus anak-anak sementara anak-anak remaja di ruangan yang lain. Bagi kami, ini adalah pengalaman pertama Fathimah masuk ke dalam ruangan tanpa ditemani kami. Dan dia sangat semangat bahkan tanpa melihat ke belakang pada saya yang mengantarnya ke ruangan. Saya sampai takjub! Tanpa berniat merusak suasana, maka saya kembali ke masjid untuk mulai mengikuti materi. Tapi ternyata empat menit kemudian Fathimah datang diantarkan oleh salah seorang panitia dama keadaan nangis. Demikian lah pengamalan empat menit perdana Fathimah duduk di ruangan tanpa Ummi dan Ayahnya hehehehehehe….. Maka kami pun mengikuti seluruh materi bertiga, sementara Izan super enjoy dengan kegiatannya dengan teman-teman barunya.

Materi dibuka oleh Ibu Septi Peni, Ibu Septi langsung meminta pemisah ditengah ruangan untuk disingkirkan karena beliau ingin suami-istri duduk berdekatan. Acara dimulai dengan salaman dengan suami sambil mengayun-ayunkan tangan seperti anak kecil sambil nyanyi “halo kawan… apa kabarmu? Tepuk tangan, tepuk kaki, tengk kanan, tengok kiri…pindah ke yang lain…”, kemudian kami bersalaman dengan yang lain, tentunya perempuan dengan perempuan dan laki-laki dengan laki-laki. Setelah lima menit yang membuat semangat dan ketawa-ketawa itu, kami duduk kembali dan Ibu Septi memulai dengan menceritakan latar belakang keluarganya. Lebih kurang sama seperti isi artikel yang pernah saya baca dulu, ditambah profil anak-anak mereka Enes, Arad an Elan. Profil yang membuat semua orang terkagum-kagum. Kok bisaaaaa… Tentunya saya nggak akan menceritakan profil keluarga mereka disini lah yaa. 

Setelah Ibu Septi berbicara, kemudian Pak Dodik berdiri memberikan materi. Disinilah saya melihat tiangnya keluarga mereka. MaasyaAllah! Dibalik cerita hebatnya ibu Septi dan anak-anak mereka, ada pak Dodik ternyata yang menjadi mentor di belakang mereka. Pak Dodik yang mulanya meminta Ibu Septi untuk menjadi istri beliau tapi dengan syarat harus mau mengajarkan anak-anak mereka nantinya, dan jawaban harus sudah ada dalam hitungan lima detik… Bisa dibayangkan??? Atuh saya mah kalo ditanya begitu dan harus jawab dengan hitungan lima detik langsung pura-pura pengen ke toilet kali trus pura-pura lupa biar dapat tambahan ekstra satu malam hehehehehe…

Dalam materi-materi yang diberikan pak Dodik hari itu, kami diberi tugas dalam satu kertas besar,, dimulai dengan menuliskan sifat-sifat pasangan yang kami sukai. MaasyaAllah, tidak pernah memang terpikirkan oleh saya untuk menuliskan sifat suami yang saya suka, untuk diperlihatkan pada beliau. Untuk tdak diperlihatkan saja belum pernah. Sifat baiknya hanya untuk disimpan diam-diam aja, kalau pun dikeluarkan, jangan sampe ketauan nanti ge-er hehehehe… SALAAAAH PEMIRSAAAAH! Dan saling menuliskan sikap baik pasangan itu langsung membuat kacamata ke pasangan jadi seperti waktu nimbang-nimbang saat mau nikah dulu hehehe… artinya, berbunga-bunga gitu lah. Kayanya pasangan kita itu isinya baik doang ga ada buruknya gitu hehehehe…

Setelah menuliskan kebaikan pasangan, kami disuruh menuliskan kebaikan-kebaikan masing-masing anak-anak kami. Ini juga maasyaAllah! Tanpa sadar, tenyata saya adalah orang tua yang sangat jarang menuliskan kebaikan-kebaikan anak. Tentu saya sadar kelebihan-kelebihan mereka, tapi menyebutkan satu-satu kebaikan mereka dalam bentuk tulisan itu seperti menghitung nikmat dari Allah yang selama ini diabaikan… (medadak mellow..). Kemudian kami juga disuruh menuliskan tujuan akhir dari keluarga masing-masing, tujuan akhir ini adalah bahasa yang lebih mudah ketimbang “visi dan misi”, setidaknya buat saya sih… hehehehe. Dengan kelebihan-kelebihan yang ada pada anggota keluarga, keluarga kami ini mau menjadi keluarga yang bagaimana? Kemudian kami juga disuruh menuliskan indikator kesuksesan keluarga kami dalam dua tahun ke depan, lalu nilai-nilai utama yang akan kami tanamkan dalam keluarga kami, dan akhirnya kami disuruh untuk mencari nama untuk keluarga kami.

Beberapa kali kami diminta berdiskusi dengan keluarga yang lain tentang apa yang sudah kami tuliskan. Karena memang planning itu kalau hanya dituliskan tanpa dibicarakan, rasanya hanya akan jadi angan-angan kosong, tapi kalau sudah dibicarakan, kita punya beban psikologis untuk mencapainya… paling nggak rasanya buat saya sih begitu.
Dan sorenya ba’da ashar adalah acara keakraban dan games dengan keluarga peserta camping. Tentu saja anak-anak puas main berlari-larian di lapangan rumput. Kemudian untuk bersih-bersih, panitia sudah menyiapkan satu barak berisi beberapa kamar yang tidak ditempati untuk dipakai keluarga mandi dengan pembagian dua keluarga per kamar yang diatur dengan jadwal. Dan ba’da maghrib adalah acara makan malam kemudian dilanjut acara sholat Isya lalu acara ramah tamah dan perkenalan masing-masing keluarga, disekeliling api unggun… camping memang kurang lengkap rasanya tanpa api unggun. Setelah acara ramah-tamah selesai, beberapa orang memilih menunda istirahat untuk mengambil kesempatan berdiskusi lebih panjang lebar lagi dengan Pak Dodik atau pun Bu Septi atau Enes dan Ara, tapi saya sudah terlalu ngantuk jadi kami memilih tidur.
Keesokan harinya ba’da subuh, acara dimulai dengan jalan pagi bersama mengelilingi lapangan golf milik KPC, kemudian sarapan dan bersih-bersih. Jam 9 materi kembali dimulai oleh Ibu Septi. Kali itu adalah rangkuman dari apa yang sudah diberikan seharian kemarin. Acara selesai jam sebelsa siang diikuti foto-foto, kemudian sholat zuhur dan pembagian makan siang.

Another long story short, camping satu setengah hari penuh dengan materi berbobot jadi pengalaman berharga untuk keluarga kami. Rasanya ada banyak yang harus diperbaiki, yang harus diubah. Seperti kata suami, mengikuti acara-acara seperti ini semakin membuat kami merasa banyak tidak tahu, dan haus untuk ikut acara seperti ini kembali. Hampir sepanjang perjalanan pulang menuju Balikpapan kami memikirkan apa nama yang pas untuk keluarga kami. Tapi sampai sekarang rasanya belum ada yang pas. Saat diberi tugas membuat nama untuk keluarga, ide yang pertama muncul di kepala adalah “The A Team”, seperti judul film yang isinya masnusia-manusia unik, tapi kekeuh kompak menjalankan misi (tsaaaah… ketahuan banget sih angkatannya nontonnya the A team!). Tapi kemudian Pak Dodik memberitahu bahwa nama keluarga beliau adalah “The A Home Team”. Yah, nggak seru dong, masa mirip? Hehehehehe… Alhasil sampai sekarang kami masih belum menemukan nama. 

Tapi nama bisa menyusul. Yang jelas kami tahu, nilai-nilai apa yang ingin kami tanamkan dalam keluarga kami. Kami ingin menjadi keluarga yang bermisi akhirat, bukankah cita-cita itu harus setinggi-tingginya? Cita-cita apalagi yang lebih tinggi daripada akhirat yang baik??
Kami ingin menjadi keluarga yang menghargai setiap ide yang muncul dalam rumah kami, dan berusaha merealisasikannya. Sebenarnya konsep menjalankan ide ini sudah mulai kami kerjakan kira-kira dua bulan yang lalu, saat terbesit dalam kepala untuk membuat bake sale di rumah dengan mengajak anak-anak kami membuat kue dan menjualnya. Kami menuliskan planningnya, merinci persiapannya, kemudian melakukan persiapan-persiapannya sampai akhirnya bake sale itu dikerjakan. Kami puas, anak-anak puas. Ide kami menjadi real! Padahal ide bake sale itu bukan lah satu-satunya ide yang pernah keluar dari keluarga kami. Tentu dalam percakapan ada saja gagasan yang keluar, mau mulai begini lah, mau mengerjakan itu lah…tapi tidak semuanya terjadi. Hanya yang membedakan adalah menulis ide itu,  membuat planning pelaksanaannya dan yang paling penting target atau datelinenya. Jadi, sekarang kami punya satu pojokan yang bertulis “Idea Corner” dalam mading keluarga kami. setiap orang yang mempunyai ide harus menuliskan idenya dalam sticky note dan menempelkan pada idea corner tersebut. Tentu saja itu hanya satu tahapan kecil dari rencana merealisasikan ide tersebut, karena tahapan yang lebih penting  adalah membuat rencana dan yang lebih penting lagi: melakukannya.
Kami ingin menjadi keluarga yang selalu memiliki target. Dalam salah satu materi di hari terakhir, kami diberi instruksi untuk membuat kelompok berisi lima orang dalam hitungan detik kemudian setiap orang saling menceritakan dengan kelompoknya tentang target kami minggu ini yang sudah tercapai, bagaimana kami bisa mencapainya, dan apa target kami minggu depan. Maka kami pun membuat pojokan “Weekly Target” untuk masing-masing anggota keluarga. Ide membuat weekly target ini juga sebenarnya sudah lama ada, hanya tidak pernah dituliskan. Begitulah, ide kalau hanya sekedar di kepala namanya bukan ide, tapi angan-angan… hehehehehe. Alhamdulillah saat ini kami semua memasang sticky note yang bertuliskan target kami masing-masing, tinggal saya dan suami yang harus konsisten mengevaluasi usaha dan pencapaian target-target kami dan anak-anak.

Begitu lah kira-kira oleh-oleh dari saya setelah Sangata Family Camp kemarin. Begitu susahnya saya untuk move on dari aura positif dan motivatif yang disampaikan oleh keluarga Pak Dodik dan Bu Septi, sampai-sampai saat panitia mengumumkan challenge untuk membuat tulisan liputan tentang Familly Camp kemarin dan tulisan perubahan pada keluarga paska Family Camp, langsung saya kerjakan saat itu juga, biidznillah… Padahal sudah sangat lama sekali saya tidak membuat tulisan panjang seperti ini dan mengabaikan blog lama saya, pas kebetulan anak-anak sedang tidur siang dua-duanya. Hehehehe.
Moral of story dari cerita panjang lima halaman Word ini adalah: “kalau lihat brosur sebuah kegiatan, baca yang betul semua isi dan fotonya!” hehehehhehe…




Semoga Allah memudahkan kami menjadi keluarga yang kami impikan… aaamiiiin.

No comments: