Monday, April 1, 2013

Lombok & Gili Trawangan

Udah beberapa bulan sejak gue dan suami terakhir nyelam, dan setelah bolak-balik ngelirik kalender akhirnya kita memutuskan bulan Maret untuk jadi bulan dimana kita perlu ngebasahin dive gears lagi.

Destination: Gili Trawangan.

Goals: to enrich our dive log (of course), ajak anak jalan-jalan, and since there is a freedive course at Gili Trawangan maka kita memutuskan buat daftar kursus freedive juga.

Penerbangan: Balikpapan - Surabaya - Mataram. Dapat tiket promo pula dari Citilink seharga Rp.180.000 untuk satu penerbangan per orang, jadi per orang tiketnya Rp.720.000 pp Balikpapan - Mataram. Cihuy!

Itinirary:
  • 13 Maret, 10.30WITA terbang ke Surabaya dan lanjut pesawat 14.30WIB ke Mataram. Nginep satu malam di Senggigi.
  • 14 Maret berangkat pagi-pagi ke Bangsal untuk naik kapal menuju Gili Trawangan.
  • 14-19 Maret nginep di Trawangan 6 hari 5 malam untuk diving, freediving, main-main, etc...
  • 19 Maret nyebrang lagi ke Lombok dan nginep satu malam di Senggigi
  • 20 Maret naik pesawat sore ke Surabaya
  • 21 Maret pagi terbang dari Surabaya kembali ke Balikpapan.
Demikian... ih panjang ya preambule-nya!

Pada saat kita sampai Senggigi pertama udah keburu malam jadi begitu sampe langsung makan, mandi, tidur. Nginepnya di Sunset House, hotelnya lumayan, isinya bule-bule aje, nggak banyak yang sempet dilihat waktu datang pertama, kita pesan kamar superior beach front buat bertiga, dan kamar standar buat si mbak. Cuma sayangnya di kamar tempat kita tidur pas di atap di atas kasur sisi kiri ada rayap yang gerogoti atap triplek, jadi ada serbuk-serbuk hasil rayap jatoh ke tempat tidur dan lantai. Tapi nggak bikin gatal-gatal atau apa siih.

pantai Senggigi, di depan hotel

superior beach front, Sunset House Senggigi

Besok paginya sempat ngintip pantai Senggigi yang pasirnya hitam sekejap sambil sarapan. Lautnya tenang, suasananya macam asoy buat males-malesan, tapi kita nggak sempet males-malesan doooong... langsung cuuus berangkat menuju Bangsal untuk naik kapal ke Trawangan. Untuk menuju Bangsal ini kita naik taksi Bluebird yang supirnya baiiik banget. Kita sempet berhenti sekali atas tawaran pak supir untuk ambil foto di tempat yang lautnya keliatan ajiiib. Tapi jalannya cukup ngebut untuk jalan yang belok-belok, anak gue yang nggak biasa duduk di belakang tanpa duduk di carseat tanpa dipangku dan tanpa lihat jalan akhirnya terpaksa ngeluarin separoh menu sarapan. Akhirnya berhenti lagi deh buat bersih-bersih. Entah karena mungkin kita akhirnya kesiangan atau supaya jarak tempuh darat lebih deket, pak supir ngusulin untuk coba naik kapal dari Teluk Nara, nggak perlu sampai ke Bangsal. Usulan diterima sama pak suami. Setelah tawa-menawar sama yang bawa kapal alias pak kapten, akhirnya kita nyebrang ke Gili Trawangan dengan kapal charter Rp. 250.000 untuk gue, Billy, Izan, dan si mbak.

a friend just remind me that the place's name is Malimbu
pak supir taksi sempet nawarin berhenti di pinggir jalan dengan pemandangan yang aduhai buat foto-foto. Lautnya beniiing, gue bisa liat siluet dasar laut dari tempat gue berdiri...

minta tolong si mbak motoin...  yaaah... nama pun bukan fotografer :p

Kita sebenarnya udah mempersiapkan bawaan dengan nggak bawa koper. Kita semua pake tas carrier besar, kecuali Izan. Jatahnya Billy adalah bawa carrier 80L dan tas dive gear yang beratnya minta ampun, jatah gue bawa tas carrier 60L dan satu ransel kekenyangan juga tas kamera, jatah si mbak bawa carrier 40L dan satu ransel yang juga kekenyangan sekaligus megangin anak. Kenapa kita nggak bawa koper, karena khawatir ribet pada saat naik turun kapal dan geret-geret koper di pulau. (Walopun ternyata ada juga kok bule babeh-babeh yang geret koper di Terawangan... :p) Dengan gagah perwira kita jalan sekitar 100 meter menuju hotel yang udah dipesan. Padahal sih bisa aja deh naik delman, tapi pak suami pede aja gitu mau jalan kaki, katanya deket. Dan memang kebeneran sepanjang perjalanan menuju hotel ga ada delman lewat yang kosong jadi yah terus aja jalan, yang teler ya pak suami sendiri karena bawaannya berat naujubileee.... hehehehe... Kasian Billy, akhirnya gue jalan cepet-cepet menuju hotel supaya petugas hotel bisa tolongin bawain tas dive gear.

nunggu kapal dirapatin ke pantai di Teluk Nara.

yoook, nyebraaaang...

Hotel yang udah dibooking atas kesepakatan bersama setelah bolak-balik nyari penginapan di agoda.com dan tripadvisor.com adalah Samba Villas, posisinya di timur-sedikit ke utara pulau Trawangan. Gue sama Billy sepakat untuk nyari penginapan di sebelah utara pulau yang jauh dari hingar-bingar night life-nya, tapi nggak juga terpencil dari mana-mana. Plus, kita juga nyari penginapan yang pantainya ok buat ajak anak snorkelling, konon bagian utara paling strategis buat itu. Kita juga udah bikin jadwal and list activity yang bakalan kita lakuin sama Izan. Kan ini liburan keluarga kaaaan... jangan sampe gue and Billy keasikan nyemplung anak malah nggak nikmatin apa-apa.

Samba Villas (pic taken from the web)

Begitu ngeliat bagian luar hotel, gue cukup puas. Waktu itu mereka baru aja mulai bangun semacam teras di tingkat dua... aduh gue agak susah deh deskripsiinnya... jangan bayangin tingkat dua dari bangunan utama tapi semacam tingkat dua dari gapura depan yang cukup besar gitu. Intinya walaupun mereka lagi ditengah pembangunan, tapi gw masih bisa bilang hotelnya kece gitu deh. Sepanjang perjalanan menuju hotel gue ngeliat beberapa penginapan yang udah gue intip bolak-balik di agoda.com, kesimpulan gue adalah; itu para fotografer hotel pada jago-jago pisan motretnya! Nah, lain soal Samba Villas, aslinya tidak mengecewakan lah.

Si manager hotel pun baik, namanya pak Ank, dia mau bantu nyariin penginapan kelas backpack yang terdekat dari hotel buat si mbak. Jadi begitu kita datang semua kamar udah siap. Billy booking kamar deluxe dengan extra bed. Yaaaah nggak gede-gede amat sih kamarnya, karena ada extra bed tergeletak pula, tapi gue masih bisa bayangin anak gue main di sana deh selama gue and Billy ke laut. Tapi sayangnya AC-nya nggak dingin dan setelah nunggu beberapa lama tetap aja nggak dingin. Akhirnya gue minta Billy untuk minta tolong petugas hotel untuk cek AC kamar atau pindah kamar sekalian. Siang itu juga gue berencana nyelam sama Billy, dan kita akan ninggalin Izan istirahat di kamar, nggak mungkin gue ninggalin anak gue di kamar yang AC-nya nggak jalan sementara udara di luar panaaasss luar biasa. Sebelum berangkat shalat Zuhur ke mesjid Billy ngomong sama Pak Ank untuk cek AC kamar, kalau nggak bisa diperbaiki kita minta pindah ke kamar yang sejenis atau kalau nggak ada kita nggak keberatan untuk upgrade kamar. Selama Billy shalat memang ada petugas yang datang dan cek ACnya, tapi AC-nya tetep panasssss..... Setelah Billy pulang shalat Jumat ternyata Pak Ank memutuskan kita untuk pindah kamar ke Family Suite yang jauh lebih besar tanpa perlu menambah biaya dari kamar sebelumnya. Manteeeep!

family suite samba villas, (pic taken from the web)

Langsung deh Izan sigap dipindahin ke kamar baru biar bisa bobo siang, sementara gue and Billy langsung siap-siap nyelam. Urusan nyelam bakalan gue ceritain di postingan lain yeee biar nggak kepanjangan. Begitu pulang nyelam gue sama Billy buru-buru mindahin barang-barang dari kamar deluxe ke kamar baru. Mereka juga nggak keberatan kalau kita nggak buru-buru beresin barang kita loooh, tapi ditinggal ke laut dulu. Kamar family suite ini jauh lebih gede, nama pun suite! Kamar ini defaultnya buat empat orang, isinya ada satu bed besar dan dua single beds, ruang tamu kecil buat nonton TV, kamar mandi dengan atap yang kebuka pas bagian shower, dan teras yang ada sofa dan meja yang udah disediain pemanas air, empat cangkir, teh, kopi dan gula. Oh ya, rata-rata penginapan di Gili punya DVD player jadi kita pun udah bawa bekal setumpuk DVD kesukaan anak supaya dia nggak bosan pas ditinggal ke laut hehehe... Dan Samba Villas juga punya fasilitas TV parabola, yaaah dapet lah anak gue chanel TV Nickelodeon dengan bahasa Urdu hehehe... Makin tenang deh ninggalin Izan di kamar buat nyemplung.

Setelah nyelam dan Izan udah bangun, kita ngerasa Izan juga berhak senang-senang hari itu juga, macam kita berdua yang udah duluan senang-senang di laut. Pilihan aktivitas untuk Izan sore itu bisa jalan-jalan naik sepeda atau naik delman. Kaliiii aja ada yang belum tau, ada 3 benda yang nggak akan bisa lo temuin di Gili: mobil, motor dan anjing. Jadi di Gili kemana-mana orang jalan kaki atau naik sepeda atau naik delman. Karena kita berencana ngambil kursus freedive yang tempatnya sekitar 200 meter dari penginapan, kayanya lebih asoy kalo kita sewa sepeda, satu buat gue dan satu buat Billy yang ada tempat duduk anak di belakangnya. Setelah berhasil ngebujuk Izan untuk cancel naik delmannya ke besok dan diganti dengan jalan-jalan naik sepeda (padahal tadinya udah keburu menjanjikan bakalan langsung naik delman begitu sampe Trawangan :p), akhirnya kita sendiri juga yang nggak tega dan memutuskan keliling pulau naik delman sore itu juga, tentunya disambut dengan sumringah sama si juragan kecil.

Biaya keliling pulau naik delman itu udah fix dan dipatok sama kooperasi sana sebesar Rp.125.000. Ternyata naik delman lebih capek dari main di laut! Hehehehe.... gimana nggak, jalannya off-road sementara anak gue kekeuh pengen duduk samping pak kusir biar mirip lagu, sementara di samping pak kusir ga ada senderan dan nggak ada pintu. Jadilah gue duduk sambil nahan badan yang goyang-goyang gara-gara delman off-road sambil megangin anak gue supaya aman. Capek loooooh... gue pun akhirnya gantian sama suami buat megangin anak! Anak gue juga akhirnya capek sendiri juga, setelahnya kalo ditawarin naik delman dia lebih milih main pasir atau naik sepeda. Hahahaha....

Hari-hari berikutnya selama di Terawangan  kita isi dengan aktivitas yang lebih kurang sama, pagi dan siangnya gue melaut sama Billy, sebelum berangkat kadang Izan main di pantai dulu sama si mbak, abis itu makan siang di hotel sama Izan, sorenya main-main sama Izan ntah itu main di pantai, berenang di laut, berkuda atau jalan-jalan naik sepeda.