Wednesday, February 6, 2013

496km to Banjarmasin (part 2)

Akhirnya kita sampai di Banjarmasin setelah maghrib. Pak suami nyari hotel yang pocket friendly tapi nyaman buat anak. Nama hotelnya Royal Jelita, tapi pada akhirnya Pak Suami ternyata nggak terlalu puas juga sama itu hotel. Ada banyak sebenernya hotel di Banjarmasin. Tapi gue nggak tau target pasar hotel-hotelnya untuk wisatawan atau pekerja, atau mungkin keduanya. Kalau gue liat sekilas kota Banjarmasin itu mirip-mirip kota Medan, tapi tanpa lalu lintas yang ruwet.

tempat naik perahu menuju Pulau Kembang

Besok paginya kita pergi ke Pulau Kembang, liat monyet macaque. Padahal sih di belakang rumah juga suka ada sekelompok tapi yaaaa….namanya juga turis! Untuk ke Pulau Kembang tentunya kita harus naik perahu dulu. Jangan Tanya gue naik perahunya dari mana yak, gue sibuk nonton sama anak gue selama di mobil, tau-tau udah nyampe aja di tempat ojek perahu. Biaya naik perahunya kalo nggak salah Rp.100.000 untuk nyeberang ke Pulau Kembang.

Pulau Kembang yang sekarang jauh lebih nggak menyenangkan ketimbang yang dulu pernah gue datangin. Dulu, seingat gue area wisatanya masih cukup bersih, dan monyetnya banyak, saking banyaknya begitu kita masuk langsung disambut sama monyet-monyet. Bahkan kita diperingatkan kalau monyet-monyet disana cenderung agresif demi bias dapat cemilan dari pengunjung, jadi kita diminta untuk simpan kamera dan handphone di dalam tas karena takut direbut sama monyet dikrirain makanan.

dalam perahu menuju Pulau Kembang

@ Pulau Kembang

Tapi yang gue liat sekarang sangat kotor dan nggak terawat. I really wouldn’t recommend anyone to go there. Monyet-monyetnya bukan berebut nyari makanan dari pengunjung, tapi pengunjung yang berebut ngasih makan ke monyet, karena si monyet kayanya pada kenyang sama cemilan. Gimana nggak kenyang, si monyet udah dibiasakan dikasih makan SEBUNGKUS cemilan berikut bungkusannnya, kalo dikasih kacang doang pake tangan nggak akan diambil deh. Kandung pengen nyenengin anak supaya bisa ngasih makan monyet jadi lah gue beli kacang beberapa bungkus. Tapi pada saat kacang ditumpahin ke tangan dan ditawarin ke monyet, si pawang atau penjaga yang pake seragam ngasih tau untuk ngasih berikut bungkusnya, karena kalo nggak monyetnya nggak mau. Dan karena semua tamu pengen ngasih makan ke monyet, kadang si monyet yang ngambil bungkusan paling cuma makan satu-dua butir kacanng doang abis itu dibuang dan nyambut pemberian tamu lain yang lebih besar…. Hehehehe namanya juga monyet! Tapi hasilnya tempatnya jadi kotor banget! Sampah bungkus kacang di mana-mana (dan gue juga ikut bikin sampah beberapa bungkus kacang… maaf yaaaa… ), dan kalo nggak hati-hati lo juga bias nggak sengaja injek poopnya monyet.

dikasih kacangnya doang si tenyom ogah.

si tenyom maunya sebungkus!

Jadilah jalan-jalan di Pulau Kembang cukup singkat aja, selain emang tempatnya kecil juga. Anak gue pun jadi bawel gara-gara dia liat ada poop monyet di jalan, langsung deh ogah-ogahan jalan sendiri sambil ngerayu emak babenye minta gendong. Karena merasa kurang puas sama Pulau Kembang akhirnya kita minta pak kapten perahu buat muter-muter sungai, dan akhirnya nambah biaya jadi Rp. 200.000. Pemandangan yang dilihat adalah….kapal tugboat. Gak menarik yaaaaak? Hahahahahh….

nyempetin foto dijembatan Barito...
jembatan Barito
Tapi seenggaknya jalan-jalan hari itu dihibur sama menu makan siang yang cukup asoy. Tujuan wisata kuliner siang itu adalah Soto Bang Amat. Pada saat kita sampe di tempat, kebetulan si bos kecil lagi tidur jadi kita nunggu aja dulu di mobil sampe doi bangun. Tapi keliatan pemandangan dari dalam mobil kalo tempat makannya rameeeeee! Tamu-tamu yang masuk harus antri dulu di depan, mobil pun antri dapat parkir. Kayanya oke punya nih sotonya Bang Amat! Dan emang endesss! Soto banjar aselik pake lontong, telor, potongan ayam kampung dan paha ayam kampung yang nangkring di pinggir piring. Dia juga punya menu sate ayam Banjar yang lembut tapi manis, tapi enak. Dan di situ ada local entertainment juga loooh, grup musik tradisional Banjar yang bawain lagu khas mereka lengkap dengan baju adat mereka. They were not bad, musiknya macam musik melayu gitu.

Soto Bang Amat... antri book

rasanya seenak yang terlihat... aselik! eh gue jadi ngiler... :p

Jadi kalau gue ngebahas sama suami, mungkin dulunya nenek moyang orang-orang Banjar adalah para pendatang dari Jawa, secara geografis kan dia pun yang terdekat dari Jawa. Itu makanya mayoritas agama mereka Islam, dan bentuk muka mereka seperti orang Indonesia pada umumnya, bukan seperti orang mongol yang keliatan di muka orang Dayak. Itu juga mungkin kenapa cita rasa makanan mereka cenderung manis. Dan waktu jalan menuju Martapura di sepanjang jalan Kalimantan Selatan, sering banget ketemu sawah. Jadi orang Banjar ini pun kayanya suka bertani padi. Sementara kalau di Kalimantan Timur jarang banget ketemu sawah, kecuali di Tenggarong yang nenek moyang adat mereka pun ras Melayu. Dan gue and suami mengambil kesimpulan kalau kebiasaaan mereka bertani padi ini mungkin dibawa dari kebiasaan nenek moyang mereka yang dari Jawa kali yaaak.

there's slum  area in every big city!
di tengah jalan, ketemu sama sekelompok grup seni ini pake baju adat, foto deh... baju adat Banjar mirip sama Melayu yaa,jenis musiknya pun mirip.

sawah di salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan, menuju Banjarmasin

Tapi gue pernah nanya ke bapak yang mengaku orang Banjar asli, yang jadi guide kita pas ke Pasar Terapung, apa asal usul nenek moyang orang Banjar adalah dari Jawa, dan dia bilang nggak! Tapi mata gue dan suami cuma saling liat-liatan sambil bertelepati “oh well, orang Malaysia pun jarang mau ngaku kalau nenek moyang mereka dari Indonesia!”.

Nah, speaking of Pasar Terapung… Jadwal kita besok paginya adalah ke pasar terapung Lok Baintan. Pagi-pagi sekali kita udah berangkat ninggalin hotel. Sebenernya rencana ke pasar terapung ini untuk kemarinnya, tapi berhubung hujan jadi batal. Sebelum matahari nongol habis sholat subuh gue udah gendong anak gue buat dibawa ke mobil. Tapi emang anak gue insyaAllah berbakat bolang reaksinya pas digendong menuju mobil padahal lagi enak tidur cuman,”kita udah mau jalan lagi yaa…?”. Hiihihihihi…

Lok Baintan Floating Market

Banjarmasin sebenernya punya dua pasar terapung, uhm… not in Banjarmasin precisely sih…yaitu Pasar Kuin dan Pasar Lok Baintan. Dasar penyakit gue adalah paling susah ngafalin nama, jadi gue nggak tau yang mana yang dulu pernah gue datangin. Dulu waktu ke Banjarmasin sama anak-anak FKG,yang gue inget kita naik kapal dari pelabuhan yang lumayan besar untuk ukuran kapal-kapal kecil di sungai. Kita bahkan harus beli tiket segala. Dan sungainya besar, hampir sama seperti sungai yang kita lewatin waktu ke Pulau Kembang kemarin. Eh, actually emang sama deng, karena gue inget kunjungan ke pasar terapung itu barengan sama ke Pulau Kembang. Tapi karena kita kesiangan jadi kita waktu itu nggak banyak ngeliat “pasar”nya.
Jalan menuju Lok Baintan, Billy mesti ngarahin gue buat ngelewatin jembatan antik ini dan gue nyetirnya sampe tahan napas!
Nah kali ini ternyata pak suami bawa kita ke pasar yang berbeda. Lebih jauh dari Banjarmasin, satu jam dari hotel. Bahkan sampe harus ngelewatin jalan yang kayanya jarang dilewatin mobil. Sekedar bekal dari googling, Lonely Planet and GPS suami pede aja nerusin jalan dengan tujuan JEMBATAN dimana oang bisa foto-foto pasar terapung dari atas. Tapi jembatan yang mana dan ada dimana meneketehe! Tapi mungkin suami gue emang pernah kesini sebelumnya kali yaaak. Anyway, ternyata di tengah jalan (atau di ujung jalan) kita diberehentikan sama dua bapak-bapak, pas di depan masjid. Sang bapak nanya apa kita mau lihat pasar terapung, dan menawarkan untuk lihat pasar terapung dengan perahu.

daun singkok setumpuk buat dijual di pasar terapung.

the boat, tapi setelah kita naikin, padahal pas baru datang meuni bagus susunan topi-topinya hehehe...

Tawaran si Bapak awalnya disambut ogah-ogahan sama suami, tapi si Bapak bilang kalau pasar terapung di Lok Baintan, nggak sama dengan pasar terapung di Pasar Kuin. Pasar Terapung Lok Baintan selalu bergerak dan terbawa arus sungai. Jadi kalau mau ambil foto dari jembatan, mungkin tidak akan dapat moment yang banyak. Sementara gue sih justru mikirnya kalau mau lihat pasar terapung ya kudunya naik perahu, bukan dari jembatan. :p

make topi khas daerah yang udah disediain di kapal.

big boss beli rambutan buat lil boss

In short, akhirnya kita terima lah tawaran si Bapak. Bapak ini cukup professional looh, dia pernah dapat pelatihan untuk ngembangin daerahnya jadi daerah wisata dari pemerintah. Dia punya kartu nama segala, lengkap dengan alamat email. My bad, gue lupa naro kartu namanya dimana. Padahal dia amat layak buat dipromosikan, gimana nggak, untuk di pelosok Kalimantan gitu cara dia melayani tamu hampir sama macam host daerah wisata maju macam Bali, sueeerrr!

soto banjar pasarterapung, lumayan enak... pake msg kayanya. :p
sarapan di perahu

Di perahunya udah disiapin beberapa topi khas daerah sana yang biasa dipake pedagang-pedagang di pasar terapung, topinya khusus buat tamu-tamu yang mau naik ke perahunya. Topinya warna-warni dan susunannya di perahu apik bener, saying karena waktu itu lagi ribet bawa anak sama perbekalan jadi nggak sempet foto perahunya pas belum dimasukkin. Dan selama perjalanan si Bapak ini cerita tentang latar belakang daerahnya, sejarah, kebiasaan orang-orang Banjar, endesbrei. Kalau kita tanya sesuatu yang dia nggak tau, dia akan jawab jujur “saya kurang tahu kalau soal itu.” Tapi jarang kok dia jawab kurang tau, dia tau banyak dan tau bener tentang daerahnya. Dan berkali-kali dia bilang “yang utama buat saya, kalau Bapak Ibu puas. Itu yang penting.” Nah tamu emang doyan dengan host yang kaya gitu.

si Bapak guide asik cerita... :)

Pasar terapungnya sendiri lebih rame dari yang pernah gue lihat di Pasar Kuin, ntah karena waktu itu gue datangnya kesiangan atau emang Pasar Kuin udah mulai sepi kaya yang dibilang si Bapak dan yang dibilang di Lonely Planet. Sempet lah kita nyobain sarapan soto banjar lagi yang dijual salah satu perahu, lumayan enaaaak…. Pake msg kayanya. Heheheheheh….

Singkatnya kita bertiga sangat menikmati jalan-jalan di pasar terapung. Anak gue pula ternyata suka bener naik perahu, jadi dia juga happy, walaupun nanya “kok perahunya nggak nyampe-nyampe?” hihihihihi… dia pikir kita naik perahu untuk pergi ke suatu tempat kali gitu ye. Oh ya, ongkos naik perahu di pasar terapung Lok Baintan Rp. 200.000 (sama yaaaak…) tapi itu si Bapak nggak akan ngajak kita balik kecuali kita yang minta, padahal perahunya yang pake mesin biasa dipake juga untuk narikin perahu-perahu pedagang untuk kembali karena udah kebawa arus sungai. Baik yaaaaak!!!!

buah mentega, teksturnya emang kaya mentega, wanginya kaya peach, kulitnya juga berbulu kaya peach.

floating market
Gitu deh cerita jalan-jalan ke Banjarmasin akhir tahun lalu. Setelah dari pasar terapung kita pulang ke hotel terus mandi and chek-out. Yang seru lagi dari perjalanan kemaren adalah nemuin buah-buahan yang nggak biasa yang nggak pernah gue temuin sebelumnya. Ada yang kita temuin di pasar terapung, ada yang kita temuin di sepanjang perjalanan di Kalimantan Selatan, ada yang kita temuin di perjalanan Kalimantan Timur. Pake foto aja deh ceritanya kalau soal buah….

nyempetin lah makan duren Banjarmasin di pinggir jalan.

sempet mampir di pasar martapura sebelum menuju kembalike Tanjung, tapi cuma napakkin kaki bentara doang, nggak beli apa-apa, ada semua juga di pasar Kebun Sayur Balikpapan. dan gue pun nggak suka pake jewelery... :p

mbak beli buah mbaak... kalo difoto boleh dikasih murah yaaak... :p

rambutan dan srikaya... seikat Rp. 10.000

Yang merah itu namanya buah Lanu, kulitnya lebih keras dari durian dan durinya lebih tajam, wanginya agak-agak mirip buah ley dari Kalimantan timur. Kita ketemu buah ini pas udah masuk KalTim. Gue nggak suka buah ley, tapi buah lanu ini enaaaaaaakkkkk!!!!!! Mmenurut akang google ini salah satu buah langka dari Kalimantan Timur, kalo gitu gue beruntung deh... hihihi... Nah kalo yang ijo duren... ya masa salak!
isinya buah lanu

Oh ya, satu lagi… terakhir! Pas kita mulai masuk ke propinsi Kalimantan Timur, surprisingly kita banyak liat rumah-rumah dengan solar panel. Keren yaaaaak!!!! Gue kebetulan cukup terobsesi dengan solar panel, dulu waktu tinggal di rumah sendiri kayanya keren kalo bisa bikin solar panel sendiri, abisan kalo beli mehoooong! Gue pernah liat di BBC knowledge di ntah negara mana (lupa!), dimana ada komunitas yang bisa membuat solar panel sendiri dari material yang gampang didapat. Sampe sekarang gue penasaran banget gimana caranya bikin solar panel sendiri. Tapi lagi pula sementara ini kan lagi numpang di rumah perusahaan yang dibayarin negara. :p

spot the solar panel?

Jalan lintas propinsi di Kalimantan Timur, yang diaspal cuma tengah jalan doang supaya bisa dikasih marka... :p

Nah, balik lagi ke soal solar panel di rumah kecil-kecil yang gue liat waktu itu… rumahnya kecil padahal loooh, tapi masing-masing rumah punya solar panel mungkin sekitar 50x100cm. Oh ya FYI, di propinsi terkaya se-Indonesia yang bisa tajir mlintir gegara hasil minyak, gas dan batu baranya ini, tetep aja kok punya masalah dengan listrik dan susahnya request sambungan listrik ke PLN. Jadi ya, ntah itu solar panel adalah short-cut dari pemerintah propinsi untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di pelosok (kalo iya aseliiiiik keren bangeeeeeet), atau itu hasil program NGO??? I don’t know. Or anyone knows?

sunset view dari dalam ferry

Ya udah… selesai deh ceritanya. Deeeeeeeeeeeeeeeeehhhh…

Anonymous said...

Wow perjalanan yang tak terlupakan, asli kereen,kapan2 pengen ke banjar (lagi), terakhir kesana tahun 2006. Salam buat izan yaa.
salam dari MasVino ;)

M.D.Saib said...

Orang Banjar itu adalah orang Melayu. Yang termasuk ke dalam kelompok Melayu itu semua orang di Sumatera pesisir, Jawa, Kalimantan pesisir sejak dari Brunai, terus ke Sambas, Pontianak, Banjar dan naik lagi ke Tarakan. Begitu juga orang Bugis dan pantai-pantai Sulawesi. Semua itu berasal dan datang hampir bersamaan dari Asia Belakang (Vietnam, Kamboja, Laos). Mereka berhanyut-hanyut dari Asia Belakang sekitar 15000 tahun yang lalu ke pulau-pulau Nusantara, setiap kali di negeri asal mereka terjadi huru hara. Orang Dayak berasal dari China dan datang lebih kemudian. Kenapa di Jawa orangnya lebih banyak, karena tanahnya lebih subur dan mereka 'hanyut' dan terdampar di Jawa. Yang lain-lain gak sabaran berhanyut-hanyut ke selatan, terdampar di pantai timur Sumatera dan di pantai-pantai Kalimantan. Dan ada pula yang menyeberang ampai ke Sulawesi.....

Diana Saib said...

To Mas Vino : ok, salam disampaikaaaan.. :)
To babeh : ooooo gituuuuuu.. berarti mestinya orang melayu di timur lebih sabar dari yang di barat yaaaak... pan nenek moyangnya sabar bener terhanyut-hanyut ribuan kilo lebih jauh. :p