Monday, February 4, 2013

496km to Banjarmasin (part 1)

Akhir tahun 2012 kemarin gue and suami memutuskan buat pergi jalan-jalan yang nggak pake tiket pesawat, lagian udah waktunya kita explore sekitaran Balikpapan yang bisa ditempuh pake mobil. Maka diambil keputusan bulat yaitu; target destinasi: Banjarmasin, jarak tempuh: 496km, waktu tempuh: 2 hari. Kok dua hari? Yah,kan bawa anak kecil. Kasian kalau dipaksain dalam satu hari sampai malam.

dokumentasi dulu lah sebelum berangkat :p

Buat anak gue sendiri, perjalanan ini adalah perjalanan dia terjauh pake mobil. Gue dan suami kebetulan sama-sama dibesarkan sama orang tua yang suka travelling pake mobil di masa kecil kami, jadi kita cukup mengerti apa-apa yang suka jadi keluhan anak-anak kalau diajak orang tua jalan jauh naik mobil: 1. bosen, 2. capek, 3. bawaannya sieun kalau ada ditempat asing malam-malam di perjalanan. Jadi kita juga udah siap dong dengan segala perbekalan buat anak dan buat emak bapaknya.Segala macam udah disiapin: DVD film kartun buat disetel di mobil, cemilan, minuman and cooler box, popmi, etc. Bahkan kita nyulap sebagian karpet bagian tengah mobil buat jadi tempat tidur anak kalau dia capek tiduran di car-seat, dan dia langsung mikir kalau bagian itu adalah kamarnya selama di perjalanan. hihihihi...

sarapan sambil nunggu antrian masuk kapal
bobo di "kamar"-nya :)

Kita berangkat jam setengah tujuh pagi dari rumah menuju Pelabuhan Kariangau untuk naik ferry menuju Penajam. Sampe di pelabuhan jam tujuh, dan baru naik kapal jam sembilan. Kapalnya super duper lelet, untuk nyebrang sungai yang jaraknya cuma delapan kilo doang tapi ferrynya baru nyandar jam 12 siang aja lhooo.... Gue sampe pengen nyemplung sungai terus berenang aja rasanya, kayanya tetep lebih cepet nyampe. :p

Jalan dari Penajam ke Kalimantan Selatan itu jelek boook! Banyak banget lubang di jalan, atau bahkan belum diaspal. Ada juga bagian yang diaspal cuma di tengah jalan aja di bagian yang ada markanya itu dan pas buat satu mobil doang, gue dan suami jadi mikir itu jalan diaspal cuma supaya bisa dikasih marka doang kayanya.Tapi begitu masuk Kalimantan Selatan jalanan langsung mulus. Ironis soalnya Kalimantan Timur adalah propinsi terkaya se-Indonesia, tapi jalan lintas propinsinya bisa segitu buruk dibandingkan propinsi lain.

Dan akhirnya kita sampai di Tanjung sekitaran magrib, padahal tadinya perkiraan kita bisa sampe sekitar jam 4. Yah, kelamaan ngantri kapal sama nyebrangnya juga. Dan setiap 3-4 jam kita berhenti buat istirahat, terutama si boss kecil biar nggak bosan. Tempat berhentinya jangan ngebayangin macam tempat istirahat tol Cipularang dong yaaaak.... mane adeeeh! Tempat berhentinya yaaa kalo ada mesjid, buat numpang WC.

Di Tanjung kita nginep di hotel Aston. Kaget yaaaa? Kok bisa sih di kota kecil ada Hotel Aston? Ternyata Tanjung ini kota terdekat dengan lokasi-lokasi pertambangan batu bara besar. Tapi kayanya satu-satunya hotel besar di situ ya cuma Aston. Besok pagi-pagi sekali setelah sarapan kita lanjutin perjalanan menuju Martapura.

foto di depan tugu Tanjung

Akhirnya sampai di Martapura sekitar jam satu siang, berhenti di Masjid Raya Martapura buat sholat dan numpang WC. Mesjidnya besaaaar, namanya juga mesjid raya. Dan banyak orang-orang yang sholat di mesjid situ, emang waktu kita sampe pas azan zuhur juga sih. Bangunan untuk perempuan terpisah sama untuk laki-laki. Dan selama di mesjid, paling nggak ada tiga emak-emak perempuan yang ngedumel ngomong dengan bahasa Banjar dengan lancar jaya ke gue, seolah-olah gue ngerti banget omongan mereka. So kesan pertama gue dengan orang-orang asli Banjar ini adalah: ramah (walaupun ngomongnya macam lagi ngedumel tapi kan mereka mau ngomong sama sapa aja yaaak... itu ramah kan yaak?), dan  pede bahwa semua orang pasti mengerti bahasa mereka, plus mereka ngomongnya cepet banget.
namanya buah Mundar. Rasanya mirip-mirip manggis, ketemu di sepanjang jalan Kalimantan Selatan menuju Banjarmasin.
ada buah mundar, jeruk, sawo... yang kulitnya coklat itu kayanya sejenis mangga rasanya agak-agak kaya bacang.

Setelah dari mesjid kita cari makan. Suami udah nyiapin tujuan wisata kuliner selama di Banjarmasin. Ada beberapa list yang udah di print sama Pak suami. Target pertama, kebetulan lagi ada di Martapura, adalah Depot Soto Anang Martapura. Menunya soto banjar (tentunya), bebek bakar, ayam bakar, sate ayam. Namanya juga sekalian wisata kuliner, jadi kita pesan semua tapi porsi kecil-kecil kok. :p (Pantes yeeee berat gue nambah banyak sepulang dari jalan-jalan) Rasanya yaaaah… so-so. Sebelumnya pada saat googling tentang kuliner Banjarmasin emang suami udah dapat peringatan bahwa makanan Banjarmasin ini manis. I agree.

itik panggang (yang dipotong-potong), sate ayam, dan soto banjar. ayam bakar belum datang!
Setelah makan kita menuju waduk Riam Kanan. Jaman gue kuliah dulu, gue pernah jalan-jalan ke waduk ini, sekalian acara baksos dari kampus. Dan menurut gue Riam Kanan adalah salah satu tempat terkece yang pernah gue datangi. Jadi keluarga gue wajib kesono! Dan rasanya seneng banget begitu ngeliat ternyata anak gue sangat menikmati di bawa ke sana. Setelah sampai waduk Riam Kanan, kita perlu sewa perahu kelotok untuk nyebrangin waduk menuju pulau-pulau yang ada di dalamnya. Biaya sewa kelotok Rp. 200.000.  Pulau yang dulu pernah gue datangin adalah Pulau Pinus yang di dalamnya sama sekali nggak berpenghuni kecuali 2 ekor kucing jadi-jadian yang dinamain Pehacaine sama Lidocaine sama anak-anak FKG. Sebenernya gue pernah posting soal ini di blog lama gue di Friendster, tapi udah dihapus secara sepihak sama prenster. :p

Riam Kanan
biar berisik juga duduk di atas mesin, tapi tetep aja anteng... exploring perahu!

Ternyata Pulau Pinus itu ada dua. Nah gue mene tehee Pulau Pinus mana yang gue datangin waktu itu. Tapi pak kapten ternyata bawa kita ke Pulau Pinus yang ada penghuninya, penghuninya bukan si Lidocaine sama Pehacaine, tapi manusia betulan. Tapi tetep ada hutan pinusnya. Gue berebutan mungutin buah pinus deh sama anak gue. Dulu-duluan nyari yang gede-gede. Hehehehe… Abis kalo dipungut sama anak gue pada akhirnya cuma buat dicemplungin ke waduk. Padahal gue ngumpulin buat hiasan di rumah paaan :p

Di hutan Pulau Pinus yang kali itu terasa lebih lembab dari yang dulu pernah gue datangin sebelumnya (seingat gue). Datarannya banyak runtuhan daun-daun pinus, tebel banget nutupin tanah. Dan yang nutupin nggak cuma daun pinus, tapi serangga kecil-kecil tapi nggak gigit yang bejibuuuun! Setiap kita melangkah serangganya langsung pada keluar semua terus masuk lagi beberapa meter di depan, jadi kalau diliat dari samping macam ada sekumpulan serangga yang selalu ada di setiap awal langkah kita gitu. Pertama kali ngeliat sih geliiii, tapi begitu tau kalo serangga ini nggak gigit akhirnya cuek aja. Dan yang menarik lagi dari Pulau Pinus ini ternyata ada jembatan panjang yang menghubungkan ke pulau yang lain. Anak gue mah obsesi sama jembatan, jadi lah dia makin happy bukan kepalang. Nggak cuma jembatan yang bikin anak gue girang, naik perahu kelotok ternyata juga bikin dia girang. Semua sudut perahu dia explore, sampe naik ke atap segala. Hihihihi…

To be continue…

Anonymous said...

Izan udah gede yaaa
salam dari MasVino :)

leautheigh said...

visiter le site Fendi Dolabuy cliquez ici pour plus d'informations Dior Dolabuy découvrir cette info ici Dolabuy Goyard

wheaseth said...

go to the website visit this website useful source Balenciaga Dolabuy get redirected here browse around this site

Unknown said...

have a peek here this content Discover More Get More Information blog here Clicking Here

replica bags koh samui browse around this web-site f2y24d1o72 replica bags on amazon replica bags philippines wholesale replica hermes bags v7s86a3g04 replica bags turkey zeal replica bags reviews More Bonuses k2i00f1y10 replica bags aaa quality

replica bags ru replica gucci n8m45r0c77 replica bags turkey visit the website e2q04p1v01 Ysl replica handbags replica kipling bags replica bags in delhi Clicking Here l5r72d9g43 replica bags sydney