Sunday, December 29, 2013

West Coast Australia Road Trip In Motorhome - Kena Omel!

Jam 4.30 pagi waktu Perth (yang sama aja sama WITA) akhirnya pesawat Air Asia yang kita tumpangi mendarat di Perth International Airport. Sebelum mendarat, sebenernya penumpang dibagiin formulir untuk men-declare bahan makanan yang dibawa. Dan ada juga pengumuman bahwa pemerintah Australia melarang bahan makanan berupa produk daging dan produk susu dari negara Asia untuk masuk ke negaranya. Ih songong yaa... hahahaha.
Tapi sayangnya sang big boss keukeuh merasa nggak perlu declare apa-apa, menurut dia declaring cuma bikin petugas ngebongkar tas kita buat lihat apa isinya sesuai dengan yang disebut atau nggak. Berhubung emang cuma sang big boss yang pernah ke Australia sebelumnya, ya gue nurut aja deh.

lil boss bobok setelah berhasil keluar dari ruang pemeriksaan

Tapi sayangnya pengalaman pertama Billy ke Australia sebelumnya itu untuk urusan kantor yang tentu aja dia nggak perlu bawa bahan makanan apa pun. Dan mungkin dia lupa atau sistemnya yang mungkin berubah, ternyata begitu kita ambil bagasi, semua barang-barang dengan atau tanpa men-declare harus masuk lagi ke mesin x-ray buat diperiksa isinya. Eng ing eeeeeeng.....!

Kedodolan pertama adalah kita (si udik dari Balikpapan yang karnivora tapi ogah beli makanan berdaging di negeri non Muslim) udah bawa bekal dong dari Bali buat sarapan sesampainya di Perth hahahahaha... Bekalnya adalah dua paket Mc spicy chicken dan satu paket panas special buat sang bocah. Jadi itu special delivery menjelang tengah malam dari sang badut kita bawa-bawa dalam keadaan masih di dalam kantong kresek naik ke pesawat sampai mendarat. Hahahaha... Emang sebenernya rada berasa konyol sih, seumur-umur kayanya ya baru itu gue bawa kresekan paket McD naik pesawat buat dimakan di kota tujuan, yang konyolnya lagi kota tujuannya udah beda negara pulak! heheheheheh....

Naaaaah.... begitu kita selesai ambil bagasi dan petugas pemeriksa barang bagasi meriksa barang-barang kita, dia sebenernya udah nanya "are you bringing Mc Donalds?", dan kita jawab tanpa dosa "yeaah..". Si petugas cuma senyum-senyum dan meloloskan kita untuk antri ke bagian x-ray. Dalam hati sih cuma mikir " ngape senyum-senyum aje mas, situ pasti ngiler kan ngeliat bungkusan McD subuh-subuh buta begini...?".

Setelah antri sekitar dua menit kita langsung disambut dengan ramah oleh mbak-mbak yang mukanya macam Avril Lavigne yang rambutnya sebahu. Dengan sopan dia minta kita masuk ke barisan untuk diperiksa di mesin x-ray yang dia pegang. Sebelumnya dia langsung notice lah itu kresek McD, dang langsung bilang "I'm sorry, but you can't bring these..." trus dia liat kotak milo yang ternyata dipack di Indonesia, "I'm sorry, you can't bring this either. Have you filled the form? Do you bring any food in your bags?". Dan kemudian Billy menjawab dengan "No.".

Yah demikian lah kiranya, perjalanan kita ke Autralia ternyata hanya berakhir sampe disitu.....


suasana di dalam airport

Tapi bo'oong! Hahahahha.... setelah semua tas-tas keluar dari mesin x-ray dan dia baca formulir kita yang semua dicontreng di kotak "NO", si Avril Lavigne yang tadinya ramah mendadak jadi marah. Dan kita pun terpaksa ngebongkar isi tas kita yang terdiri dari dua carrier besar, satu ransel, dan satu kopor kecil. Semua dibongkar tanpa terkecuali sampai yang berbentuk makanan keluar. Si Avril Lavigne marah-marah, ya wajar sih dia marah, subuh buta gitu kudu kerja eh ada pula orang Asia nongol bawa bahan makanan buat ransum sembilan hari pake bohong segala,  nambah-nambah kerjaan aje. Hahahaha.... (eh kenapa gue ketawa?).



Untungnya si Avril Lavigne cuma ambil nuget ayam dan sosis doang selain si kantong kresek McD. Yang lain-lainnya dilolosin, baik ya dia... tiga plastik rendang yang kita masukin barengan sama nugget di tas pendingin yang sama nggak disita karena Billy bilang itu porridge, doi percaya aja, kebeneran pula ini orang Asia bawa anak balita yang lagi lemes duduk di stroller (padahal lemesnya karena ngantuk berat). Sebenernya ada satu tas pendingin lagi yang kita bawa, isinya juga beberapa makanan basah kemasan yang alhamdulillah dia lolosin nggak diperiksa.

Si Billy dapat surat teguran yang hanya berupa kertas copy-an yang ditulisin namanya di atasnya. Sebenernya dengan tidak men-declare secara jujur bahan makanan yang kita bawa,si Avril Lavigne berhak mendenda kita sebesar 340 $Aus. Jadi walaupun kena omel, si Avril Lavigne ini sebenernya baik sekali dan nolong kita juga. Akhirnya gue yang tadinya diam-diam aja sambil mikir mau pura-pura nggak bisa bahasa Inggris sama sekali kalo kena omel ("no spiking inglis.. no spik..no anderseten sama sekali!"), akhirnya minta maaf sepenuh hati sama si mbak Avril Lavigne. Gue bilang kita sangat malu udah bohong, dan seharusnya kita nggak bohong. (Malunya emang beneran! Berjilbab, masuk negara non muslim, pertama kali, bohong pula... cemanaaa!!!!) Kemudian gue tanya, seandainya kita datang kembali dan bawa makanan dan men-declare apa yang kita bawa, apa yang kira-kira akan terjadi? Si mbak Avril kembali jadi ramah, dia ngasih kita brosur tentang bahan makanan yang boleh dan tidak boleh masuk Australia. Sebenernya makanan-makanan kalengan boleh masuk, yang nggak boleh itu bahan makanan yang berupa daging-dagingan yang tidak dalam kemasan kaleng dan produk susu.

Akhirnya kita bisa keluar dari ruangan itu. Trus langsung disambut sama petugas motorhome yang ngangkat-ngangkat kertas bertuliskan "Welcome Pak Billy and family.". Mimpi kali yeeee!!!!! Lo kata di kedatangan Ngurah Rai... Kenyataannya kantor penyewa motorhome yang kita booking baru buka jam sembilan pagi, padahal waktu itu  masih sekitar jam lima, airport pun masih sepi (kebeneran, jadi bisa enak sholat subuh dipojokan nggak banyak orang lalu lalang). Jadilah kita duduk-duduk di airport sampai kira-kira jam 8.30. Sarapan cukup dengan donat dan coklat hangat dari warung kopi di bandara. Pagi itu belum terlalu terasa lapar, udah kenyang sama malu dan kena omel soalnya hahahaha...


suasana di luar terminal




Setelah jam 8.30 akhirnya kita keluar nyari taksi dan mita diantar ke daerah **** tempat kantornya Around Australia Motorhome yang dicapai cuma dalam waktu 15 menit. Begitu sampai di kantor AA Motorhome kita dilayani sama karyawannya (atau bossnya?), yang bernama Sylvia, yang emang cuma dia sendirian di kantor itu. Yang pertama diurus tentunya surat-surat, aturan-aturan, perjanjian sewa dan sebagainya. Untuk penjelasan tentang motorhome dan segala tetek bengeknya akan gue ceritain kemudian deh ya. Setelah cukup lama di kantor (segala bagian dari terms and conditions itu bikin gue tegang deh... helloooo... baru pertama kali boook bawa mobil di negara orang yang bahwa setirnya di kanan pun gw baru tau tadi pagi hasil browsing di airport pake internet gratisan!), akhirnya kita keluar untuk diajarin segela tetek bengek ngoperasiin motorhome itu. Begitu ngeliat mobilnya hati langsung sumringah, lupa sudah segala yang bikin tegang di dalam kantor tadi. This is gonna be a great journey!


voila, the motorhome

rumah selama sembilan hari ke depan


Sekitar jam 10an akhirnya kita berangkat ninggalin kantor AA Motorhome menuju shopping center terdekat di daerah Bellmont (yang udah disettingin sama Sylvia di GPS biar kita nggak nyasar, baik deh dia!) buat beli bekal yang nggak dibawa dari Indonesia macam air minum, susu, buah-buahan. Setelah belanja segala keperluan, kita pun takeaway pizza hut (tentunya dengan menu tanpa daging) buat makan siang. Akhirnya dimulai deh perjalannya...

Pertama kali bawa mobil di negara orang, plus pertama kali bawa mobil yang segede itu, udah pasti bikin perasaan tegang. Yang paling kita wanti-wanti (hasil browsing di airport tadi pagi juga) adalah batas kecepatan yang diizinkan. Gue sampe nanya ke supir taksi yang bawa kita tadi, apa banyak dipasang kamera untuk ngintai pelanggar batas kecepatan. Ternyata nggak terlalu banyak katanya, kalau pun ada paling di dalam kota.



Sylvia ngajarin segala printilan di dalam mobil
yang ini numpang ngadem


Perjalanan pertama kita adalah ke kota Cervantes yang berjarak 230km lewat Indian Ocean Drive. Batas kecepatan maksimum untuk jalan antar kota adala 110km/jam. Jadi Cervantes bisa dicapai hanya dalam waktu sekitar 2-3jam. Di West Australia, jalanan cukup lengang, jalanannya selalu dibuat lurus, dengan aspal yang tanpa cela dan mobil yang nggak banyak. Pendek kata, menyenangkan nyetir disetirin di sana!


perjalanan dimulai...

Sekali waktu kita pas berada di belakang mobil van milik tentara yang penampilannya siap offroad. Merasa si mobil tentara ini agak kurang ngebut, kita memutuskan untuk nyalip. Tentunya teknik nyalip kita ala Indonesia yang udah cukup sopan, cuma aja lupa ngasih lampu sen. Jadi yang kita kerjakan adalah ambil jalur kanan, ngelewatin si mobil tentara, setelah si tentara ada di belakang ekor kita masuk kembali ke kiri. Semua kita lakukan dengan riang gembira tanpa dosa. Sekitar belasan kilometer di depan ternyata jalanan sempat diberhentikan karena ada perbaikan jalan (jangan bayangin perbaikan jalan macam di Indonesia, yang mana yang dibenerin aja gue ga tau dah.. eh tapi ada alasannya sih gue nggak tau....).

Tiba-tiba pas lagi berhenti jendela kaca Billy diketok dengan keras dari luar. Sumpeee kite kaget! Yang ngetok tentara dua orang, yang satu di belakang megang kamera nyorot ke kita. Apa lagi nih??? Yang di belakang nanya "lo punya sim kagak?", waduh emang tentara bisa nilang, ato mo ditangkap nih? Yang di depan nanya "ngapain maneh motong kita tadi?!", dua-duanya nanya dengan nada yang cukup galak. Billy merespon dengan nada minor (eeeee dikira lagu), maksudnya dengan nada sebagai orang yang minoritas kalau kita sama sekali nggak bermaksud apa-apa dengan memotong mobil mereka tadi. Si tentara yang di depan setelah lihat bahwa isi mobil ternyata tiga orang turis dari Asia, satu laki-laki, satu perempuan kece, dan satu anak balita yang duduk di carseat, akhirnya melunak. "Iya, kamu kayanya emang nggak bermaksud apa-apa. Tapi lain kali hati-hati ya, kamu bisa membahayakan orang." kata tentara yang di depan. Sementara tentara yang di belakang mulai jalan balik ke mobil. Sebenernya gue sempet kepikiran mo ngambil kamera juga biar kita saling shooting-shootingan gitu, apa daya kamera di belakang susah ngambilnya. Abis itu Billy sekali lagi minta maaf, dan tentara itu menjawab dengan ramah "okay, have a nice trip" dan langsung pergi.

perjalanan menuju Cervantes


Nggak lama kemudian jalan dibuka lagi, dan gue sama sekali nggak tau jalan bagian mana sebenernya yang lagi dibenerin, sama nggak taunya dengan kenapa tu dua tentara tiba-tiba marah-marah cuma gara-gara disalip. Emang nggak boleh ya nyalip tentara??? Setelah jam terbang kita di jalanan Australia makin bertambah, mulai deh kita ngerti tata krama nyalip mobil di Australia. Ternyata untuk nyalip mobil didepan itu kita wajib kudu harus musti ngasih sen, dan baru boleh ambil kembali jalur kiri setelah mobil yang disalip udah berada paling minimal 4-5 meter di belakang. Jadi cara nyalip yang udah dianggap sopan di Indonesia dianggap nggak sopan ternyata di sana. Yaaaah si tentara tadi belum pernah nyetir di Kalimalang siiiih, blum pernah disalip angkot siiiih...

Setelah ngerti akhirnya kita ketawa-ketawa sendiri. Billy emang udah wanti-wanti, siap-siap aja sering kena marah, namanya juga nggak pernah nyetir di negara orang. Hehehehhe... Tapi alhamdulillah itu terakhir kalinya kita kena marah selama di Australia.

Sekitar jam 4 sore akhirnya kita sampai di Cervantes caravan park, yang udah dibooking Billy. Akhirnya untuk pertama kali kita parkirin mobil di caravan park dan mulai belajar segala tetek bengek yang udah diajarin Sylvia tadi pagi.... Oh seru!

2 comments:

gannanabair said...

revlon titanium max edition - The Titanium Art
The titanium max edition includes an actual game, from an actual titanium white wheels game, which is black titanium rings built on the original design of the game. The original micro touch trimmer design of the titanium pans game was titanium watch band

telitac said...

ut337 blundstonebootsdam,fjallraven mont,blundstone suisse,blundstone donna,guess bags uk,puma ksa,puma fodboldstøvler,perfume guess mujer colombia,blundstone boots dublin vw168