Friday, May 4, 2012

Apa sih BANANE? Pisang?

Bukan, BANANE bukan pisang! Walau pun maskot BANANE adalah senyuman ear-to-ear sang pisang, tapi makna BANANE sebenarnya lebih dari sang buah yang punya nilai gizi tinggi dan udah bisa jadi makanan awal bayi 6 bulan sekali pun! *nyomot pisang* Jadi apa itu BANANE?

Baiklah, sila siapkan teh dan pisang gorengnya , Ibu BANANE akan mulai bercerita asal-usul BANANE....

Berawal dari ingin mendidik anak berbagi, Ibu BANANE (the founder) berinisiatif untuk membuat dan menjual kaos anak yang seluruh hasilnya akan diserahkan kepada sebuah panti asuhan pada hari ulang tahun sang anak. Walau pun ide brilliant itu nggak sepenuhnya berjalan dengan sukses karena ternyata kaos yang dibuat waktu itu kurang baik kualitasnya maka penjualan kaos pun diurungkan. Tapi... hey, kenapa nggak diteruskan dan berkelanjutan??

Maka.... *teterereeeet* (bunyi terompet)... lahirlah ide BANANE sebuah projek usaha sosial  yang menjual kaos anak dimana 60% profit bersihnya akan dipakai untuk berbagi. Berbagi apa??? Berbagi seragam dan sepatu sekolah untuk anak yang nggak mampu. Kenapa seragam dan sepatu sekolah? Karena seragam dan sepatu sekolah itu tidak disubsidi lhoo sama pemerintah, padahal kan murid-murid harus pakai seragam dan sepatu ke sekolah. Dan sebelumnya, Ibu BANANE sepakat dan mufakat  dengan Tante dan Om BANANE yang mendukung gagasan ini untuk mengalokasikan bantuan ke pendidikan. Kenapa? Hmm... banyak tanya yaa. It's ok, Ibu BANANE paham kalau malu bertanya sesat di jalan. :p

Jadi kenapa memutuskan untuk mengalokasikan bantuan ke pendidikan bukan kesehatan, bukan bantuan untuk anak-anak kanker gitu mungkin...? Karena menurut kami semua, pendidikan adalah alokasi bantuan yang mempunyai sifat berkelanjutan. BANANE akan memberikan bantuan kepada anak-anak yang tidak mampu secara kontinu dan meluas, supaya mereka bisa tetap semangat melanjutkan sekolah dan mencapai mimpi-mimpi mereka. Suatu saat nanti mereka akan menjadi oang-orang yang berhasil dan memberikan pengaruh postif kepada orang-orang lain. Gitu lhooo yang Ibu maksud dengan bantuan berkelanjutan.

Nggak cukup disitu aja siiih, BANANE juga ingin membantu panti asuhan untuk memulai sebuah usaha yang mandiri. Supaya mereka nggak hidup hanya dari bantuan dan donasi, tapi bisa berdiri sendiri.

Trus gimana nih, kaosnya mana? Sabaaaar... BANANE ini nggak pengen jadi makhluk pelit. Kami mau mengajak banyak orang untuk ikut berbagi, nggak cuma anak-anak aja. Ibu BANANE paham kalau berbagi itu menyenangkan, ada hormon serotonin yang terproduksi di otak setiap kita berbagi ke sesama, hormon yang bikin perasaan jadi senang dan damai. Makanyaaaaa, BANANE melepas desain ke publik, supaya siapa pun bisa ikut berkontribusi untuk berbagi, berbagi melalui desain. Nantinya desain-desain yang diterima akan dipajang di websitenya BANANE yang masih dalam proses perampungan, jadi sabar yaaaa...

Eh tapi, trus kalau udah kirim desain dapat apa? Dapat hadiah nggak? Hmmm... nggak. Nama juga mau beramal kan. Tapi pengirim desain yang desainnya terpilih tentunya tetap dapat royalti dari setiap hasil penjualan kaos yang menggunakan desainnya, plus amalan sedekah desain yang dicatat malaikat! hehehe...

Teruuuuussss... gimana dong kalau pengen ikutan beraksi sama BANANE? Bisaaaaaaaa.... Ibu BANANE pengen projek ini jadi projek kita semua, makanya namanya BANANE yang sebenernya akronim dari Bantuan Anak Negeri. Ayo kita kembangin projek ini bareng-bareng, silahkan acungkan jempol, kasih masukan, kritikan, saran... apa pun di facebooknya BANANE. Ayo jadi Anak Negeri yang berkontribus!

Demikian lah kiranya koar-koar Ibu BANANE. Terima kasih yaaa udah mau baca :)

Salam anak negeri!

anak-anak panti asuhan Bakti Haji yang akan jadi target awal bantuan BANANE :)
www.facebook.com/BananeShare

No comments: