Wednesday, March 14, 2012

Happy Third Anniversary

Besok udah 15 Maret nih... tanggal kawinan. Waktu anniversary yang pertama, sambil hamil gede nunggu brojol gue masak steak lidah spesial buat suami, plus cheese cake dari harvest and kartu ucapan. Pas anniversary kedua gue mau semuanya hommade, gue bikin ayam panggang origano sama cheesecake bikinan sendiri. Seumur-umur baru kali itu gue sukses bikin cheesecake, plus hiasan daun coklatnya! *bangga*

Tapi anniversary besok ini gue belum siapin apa-apa. Bahkan kartu ucapan pun belum nyiapin. Kalau pun mau beli kue, gue nggak tau dimana beli kue yang enak di Balikpapan ini.. gak ada toko kue semacam harvest gitu disini. Masih terlalu jetlag buat nyiapin apa pun. :(

Buat gue and Billy anniversary itu penting. It's the day when our little family is formed, buat kita itu sepenting dunia. Tanpa perlu dibahas berdua tapi gue and Billy udah sama-sama tau kalau kita berdua itu tipe family (wo)man. Kalau ada waktu luang, buat kita itu akan lebih berkualitas kalo dihabiskan buat kita bertiga daripada keluyuran sama temen. Tapi bukan juga berarti ga punya temen sih. But to us, ngabisin waktu bertiga itu lebih penting dan nyaman.

 Menurut gue kepala keluarga yang paling sukses itu adalah yang bisa dicap "hero" sama anggota keluarganya. Dulu waktu belum nikah, gue nganggap bokap gue as hero of the family. Bokap gue selalu siap sedia berkorban buat keluarganya, buat anak-anaknya. Alhamdulillah, Billy termasuk yang sukses. Gue nggak perlu ngomong langsung ke dese (gengsiiii) biar die baca aja dimarih yeee.... Billy is a hero to our little family indeed. ihiks... *berkaca-kaca*

Semua makin terasa waktu kita pergi kemaren. Beberapa hari belakangan gue mendadak menghilang dari segala bentuk koneksi internet gara-gara sinyal roaming yang tak mumpuni untuk akses internet, wifi juga nggak mempan. Selama menghilang itu gue dibayarin sang Bokap untuk pergi umroh komplit sekeluarga besar... alhamdulillah. Eh tapi sebelumnya kudu diluruskan dulu, semoga nggak ada yang baca ini menilai gue riya. Gue cuma mau cerita gimana Billy has proved that he deserves to be labelled the hero of our family.

Waktu sebelum berangkat umroh, gue udah wanti-wanti ke Billy kalo perjalanan ibadah itu bakalan banyak cobaannya belum lagi capeknya, very tempting buat bikin berantem biasanya kalo udah capek. Kita suka saling ngingetin tiap mau masuk ke situasi yang kira-kira bakal bikin capek and bisi gampang berantem, supaya jangan sampe jadi berantem beneran. Yang namanya perjalanan jauh bawa anak kecil emang capek luarrrr biasa. Apalagi  ini bukan perjalanan relaxing, ini perjalanan ibadah yang pake fisik. Dari sebelum berangkat gue udah berdoa banget supaya selama umroh anak gue baik-baik aja, nggak rewel, dan nyaman.

Allah nggak pernah sedikit pun salah dan Maha berencana. Perjalanan umroh kita kemaren ini urutannya begini --> Jakarta - Dubai (1 malam) - Jedah dan langsung naik bus - Mekkah (umroh seketika itu juga which is tengah malam) nginep di Mekkah 4 malam - Madinah (4 malam) - Dubai - Jakarta. Kalau doa gue minta supaya anak gue nyaman selama umroh, alhamdulillah anak gue emang nyaman selama umroh. Mulai dari Balikpapan - Jakarta - Dubai - Mekkah semuanya macam dimudahkan. Semuanya nikmat bukan kepalang. Nggak jarang bahkan karena gue bawa anak gue diperbolehkan potong antrian yang nyaris berjam lamanya. Alhamdulillah. Anak gue juga mau makan apa aja yang ada.... semua senang, alhamdulillah.

Tapi begitu sampai Madinah cobaan datang. Anak gue kecapean setelah naik bus dari Mekah ke Madinah via Jeddah yang ACnya terlalu kenceng plus di dalam bus itu ada orang-orang yang udah mulai kena flu. Begitu sampe Madinah anak gue teler luar biasa, besokannya demam dan nggak mau makan apa pun, gampang tantrum, dan sekalinya tantrum bisa lamaaaa banget. Seumur-umur gue ngurus anak gue, nggak pernah rasanya situasinya sesulit waktu di Madinah kemaren. Gue malahan pernah buka artikel tentang tantrum tapi bacanya sambil lalu karena gue pikir masalah macam ini nggak pernah ada di anak gue, akhirnya gue perlu sekuat tenaga inget-inget lagi isi artikel itu dulu. Izan was a very easy kid... before Madinah.

Tentu aja gue sadar, rencana Allah nggak ada yang tanpa manfaat. Semua dari yang terbaik sampai yang terburuk pasti ada manfaatnya, termasuk anak gue yang sakit selama di Madinah dan nggak mau makan apa pun kecuali ASI sama teh manis dan air zamzam. Nggak cukup sampe disitu cobaannya, gue pun sakit. Gue juga flu berat, demam juga, lemes juga, cape juga, tapi tetep harus ngerawat anak gue. Nggak selesai disitu, I also got my periode pas di Madinah, which actually probably a blessed in disguise. Dengan gue dapat period, gue jadi nggak terlalu stress merasa rugi kalau nggak ke mesjid sementara anak sakit. Selama di perjalanan gue emang minum pil KB sih, akibatnya menstruasi jadi nggak jelas, kadang keluar kadang nggak. Pas nggak keluar ya gue langsung keramas dan berusaha shalat di mesjid bawa anak. Beberapa kali anak gue rewel pas dibawa ke mesjid karena emang dia lagi nggak enak badan juga. Beda banget sama waktu di Mekkah.

Nah disini Billy yang jadi penolong. Selama perjalanan di Mekkah and Madinah, kamar gue and Billy kepisah. Gue sekamar bareng bokap nyokap and adik gue, sementara Billy sekamar sama 2 om gue. Waktu gue dan anak sakit di Madinah billy tiap bentar bolak-balik ke kamar gue. What did he do? Kadang pagi-pagi sebelum subuh dia ke kamar ngecek gue and Izan, kalo kita berdua tidur dia langsung berangkat ke mesjid (gue tau karena nyokap gue yang cerita). Pulang sholat subuh dia langsung ke kamar gue dulu, isiin botol minum gue pake air zamzam yang dia tampung di mesjid, nyuruh gue minum hobats trus turun kebawah ambilin sarapan buat gue and teh manis buat Izan. Setelah bawaain sarapan buat gue ke kamar baru deh dia turun lagi ke restoran buat makan, pernah malahan dia cuma kedapatan lauk yang kurang ok karena udah kesiangan... kasian :').

Trus abis sarapan dia bakalan balik lagi ke kamar gue, kalo gue udah nggak perlu apa-apa lagi baru deh dia balik ke kamarnya atau ke mesjid lagi. Tapi kalau mau ke mesjid dia pasti mampir ke kamar gue dulu buat pamit. Dan tiap pulang dari mesjid dia pasti langsung ke kemar gue, isi botol pake air zamzam. Selama di Madinah Billy nggak pernah berlama-lama di mesjid, bukan karena dia nggak pengen, tapi karena gue and Izan sakit jadi dia merasa lebih baik cepet pulang tiap abis sholat. Waktu buat ke Roudhoh pun doi set pas tengah malam, pas gue and Izan udah tidur tenang (plus ngarep dapet jam sepi juga keknya) padahal gue udah ngizinin dia pergi pagi atau siang, tapi dia nggak mau lho... katanya nggak enak ke Roudhoh kalo nggak pas lagi tenang, baru tenang kalo Ummi sama Izan udah bobok nyaman di kamar. hiks... :')

Nggak jarang malahan kayanya Billy juga kurang istirahat selama di Madinah, karena kalau Izan tantrum and gue udah nggak tau lagi mesti gimana gue telpon Billy buat nemenin gue nenangin Izan, walau pun Izan akhirnya mau tenangnya sama gue juga akhirnya. Beberapa kali kadang gue ngungsi istirahat di kamar Billy pas Om-om lagi keluar kamar, berharap Izan bisa lebih terhibur kalu dapat suasana lain kali gitu. Dengan gue ngungsi ke kamar Billy itu dia (yang gue tau sebenernya capek) rela cuma duduk di sofa aja biar gue and Izan yang bobok di kasur (somehow kita berdua ngerasa nggak bener kalau tidur di atas kasurnya para om).

Disaat badan gue makin drop and napsu makan mulai turun beberapa kali Billy pulang dari mesjid bawaain gue burger hardee's (e sumpah itu cheesesteak burgernya enyaaaaaaakkkkk bangeeeeettttttttt!!!!!! eh oot :p) Kata dia kalo anaknya nggak mau makan, emaknya yang harus disodorin makan banyak-banyak! Dan waktu kita pergi ninggalin Madinah menuju Dubai lanjut ke Jakarta, itu kondisi gue yang lagi drop-dropnya sementara anak tetep lemes and tantrum tiap bentar. Izan cuma mau digendong gue jadi yang gue bisa kerjain ya cuma gendong Izan doang, gue tarlalu lemes buat ngapa-ngapain selain itu. Urusan barang, minum, tiket, passport, semua yang lain itu Billy yang handle. Billy yang bangunin gue buat makan selama di pesawat, and nyuapin gue, bahkan nyodorin minum ke mulut gue atau ke mulut anak gue. Gue udah kelewat teler. hiks...:')

Seperti yang gue bilang, semua rencana Allah nggak ada yang tanpa manfaat baik itu kejadian terburuk atau terbaik. Pernikahan gue and Billy adalah contoh kejadian yang terrrrrbaik, Izan sakit waktu di Madinah adalah contoh keadaan terburuk. Apa manfaatnya dari Izan sakit di Madinah kemaren? Yang jelas gue jadi sadar 2 hal: 1. Allah teramat sayang luar biasa sama gue dengan kasih gue Billy sebagai suami, alhamdulillah (langsung berkaca2), 2. gue sering banget sekali durhaka ke orang tua *mewek*.

Point yang kedua akan gue bahas nanti (atau mungkin nggak gue bahas kali yaaak??), lagi pula sekarang temanya anniversary kan.

Yah gitu deh ceritanya tentang laki eike (panjaaaaaang yeh). I love him very much deh. Semoga gue selalu inget kalo kebaikan doi itu karena Allah. I am a very lucky lady, alhamdulillah!

Happy anniversary to our little family babe, hope we love Allah more so we keep loving each other more. :')

1 comment:

Elsa Fitrani Saib said...

Happy Anniversary Kak.....
aku amin-in doa yang dipost aja ya...semoga makin cinta Allah & selalu saling mencintai sekeluarga.

ahhh, aku mau suami yang kayak gituuu, cari dimana? :p